Home News Delapan Ribu Disabilitas Siap Sukseskan Pemilukseskan 2024*

Delapan Ribu Disabilitas Siap Sukseskan Pemilukseskan 2024*

PATI – Delapan ribu lebih pemilih disabilitas bakal ikut menyukseskan Pemilu 2024. Data mereka sudah tercatat di Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Pati.

Berdasarkan data dari KPU Kabupaten Pati, jumlah pemilih disabilitas sebanyak 8.300 orang. Mereka terdiri dari penyandang disabilitas tunanetra, tuna daksa, tuna rungu, tuna grahita dan penyandang disabilitas lainya.

”Pemilih disabilitas sekitar 8.300 pemilih. Kita berkoordinasi dengan PPID sekitar segitu. Tapi itu digolongkan beberapa kategori disabilitas,” kata Komisioner KPU Pati Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Khusnul Imanuddin. 

Oleh karena itu, pihak Komisi KPU harus mempersiapkan kebutuhan yang diperlukan untuk pemilih disabilitas. Seperti sarana dan prasarana (sarpras) yang meliputi jalan menuju TPS, lokasi TPS, pintu masuk dan keluar TPS, ruang gerak dalam TPS, meja bilik pilih, meja kotak pilih, braile template dan lainnya.

”Akses untuk masuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) harus gampang. Terutama untuk teman-teman disabilitas agar bisa menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Dalam aturan PKPU nomor 5 tahun 2023, penyandang disabilitas yang akan mencoblos boleh memilih pendampingnya sendiri ataupun didampingi petugas khusus dari PPS. Menurutnya, KPU juga siap mendampingi penyandang disabilitas agar tak kesusahan dalam menyalurkan hak suaranya.

”Bahkan kalau perlu ada tandu untuk penjemputan,” ucap dia. 

Lebih lanjut, kata dia, untuk pemilih disabilitas tunanetra, diperbolehkan untuk didampingi hingga masuk ke bilik suara dan membantu mencoblos. Sedangkan pendamping disabilitas lainnya tidak diperbolehkan untuk masuk ke bilik suara. 

”Nanti ada surat suara huruf braille. Surat suaranya sampai saat ini belum ada. Nanti kalau tanggal 14 Februari ada. Untuk jumlahnya masih kita data,” terang dia. — mf/red