Home News 5 Makanan Khas Rembang yang Wajib dicoba

5 Makanan Khas Rembang yang Wajib dicoba

Kuliner di Kabupaten Rembang

Rembang – Kabupaten Rembang merupakan Kabupaten yang letaknya berada di ujung timur Provinsi Jawa Tengah. Berada di jalu Pantura membuat kota Rembang banyak dikelilingi pantai indah dan menghasilkan banyak komoditas laut.

Tidak heran jika kita berkunjung ke Rembang banyak kuliner khas Rembang yang menjadi menu favorite dan rekomended bagi para wisatawan.

Beberapa deretan menu khas Rembang dibawah ini yang wajib di coba ketika berkunjung ke Rembang:

  1. Lontong Tuyuhan
Lontong Tuyuhan Khas Rembang

Lontong tuyuhan sekilas mirip dengan opor ayam pada umumnya, dengan kuah bumbu kuning dan ayam yang dimasak. Namun, nyatanya kedua makanan ini sangat berbeda.

Ciri khas yang membedakan adalah bentuk lontong berupa segitiga dan adanya rasa pedas pada kuah santan yang dihasilkan dari kemiri, jinten dan bawang.

Isian dari menu ini adalah jeroan ayam, daging ayam kampung, serta tempe yang dipotong kecil-kecil. Disajikan dengan bawang goreng, menjadikan makanan berkuah ini semakin nikmat.

  1. Sate Srepeh
Sate Srepeh Khas Rembang

Sate ini terbilang unik karena tampilan dan racikannya berbeda dengan sate ayam pada umumnya. Bumbunya berwarna merah kekuningan, bersantan dan lebih encer.

Sate ini biasanya menggunakan daginng ayam dan jeroan, tetapi bisa juga menggunakan daging kambing atau sapi. Saat ini, penjual sate srepeh terbilang cukup langka di Rembang

  1. Kelo Mrico
Kelo Mrico

Sudah pernah mendengar atau mencicipi kuliner ini? Namanya mungkin terdengar cukup aneh dan asing bagi masyarakat di luar Rembanng, bagaimana ikan bisa dimasak dengan mrico alias merica?

Makananan ini seperti sup ikan, biasanya memakai ikan dukang atau yang lebih dikenal dengan nama ikan sembilang. Kuahnya dimasak dengan menggunakan bumbu rempah, serta merica menciptakan cita rasa pedas, sehingga tak terasa amis ketika menyantapnya.

  1. Urap Latoh
Urap Latoh

Urap latoh merupakan makanan berbahan baku latoh, sejenis rumput laut yang banyak ditemukan di daerah pesisir. Bentuknya seperti telur ikan atau yang biasa disebut juga dengan anggur laut berwarna hijau dengan cabang berbentuk lembaran, batangan dan bulatan.

Cara membuatnya sangat mudah, latoh cuku dicuci bersih menggunakan air tanpa harus dimasak. Kemudian siapkan parutan kelapa dan sambal, lalu campur dengan latoh dan siap dihidangkan.

  1. Soto Rembang
Soto Khas Rembang

Kuliner soto khas Rembang ini biasa disebut juga dengan soto kemiri. Bentuknya seperti soto pada umumnya, namun terdapat ciri khas yang membedakan yaitu kuah kental dan rasa gurih yang lebih kuat.

Soto ini disajikan menggunakan mangkuk dengan isian yang terdiri dari tauge, sayur kol, soun, suiran ayam, telur, tomat dan pastinya jeruk nipis.

 

Sumber: idntimes.com