Home News TMMD Sengkuyung Tahap I Di Ngiri Selesai

TMMD Sengkuyung Tahap I Di Ngiri Selesai

Program TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2022 yang menyasar Dukuh Ngiri Desa Sendang Mulyo, Kecamatan Bulu resmi ditutup. Penandatanganan berita acara serah terima program TMMD Sengkuyung oleh Kodim 0720/Rembang
dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang dilaksanakan di balaidesa setempat, Kamis (09/06/2022).

Dalam kegiatan tersebut hadir Dandim 0720/Rembang Letkol Kav Donan Wahyu Sejati, Bupati Rembang H. Abdul Hafidz, Wakil Bupati Rembang Mochamad Hanies Cholil Barro, Kapolres Rembang AKBP Dandi Ariyo Yustiawan.

Dalam sambutannya Bupati Rembang Abdul Hafidz mengatakan Berkaitan dengan TMMD Sengkuyung I, regulasinya berbeda dengan yang dulu, kalau dahulu langsung dengan dana Hibah dari Pemda diterimakan langsung ke Kodim 0720/Rembang, namun sekarang harus melalui proses Kontraktual karena konsepnya Swakelola.

Bupati menuturkan TMMD mampu menyalakan semangat gotong royong masyarakat. Tak hanya itu, program dari TNI ini juga dapat mensukseskan pemerataan pembangunan di daerah- daerah yang termarjinalkan, sehingga dapat terwujud pemerataan kesejahteraan masyarakat.

“TMMD itu dananya sedikit akan tetapi hasilnya maksimal, karena kunci dari TMMD adalah semangat gotong royong masyarakat dengan TNI, dengan demikian muncul pertanyaan kembali apakah Progran TMMD masih layak untuk dilaksanakan.”

Dandim Letkol Kav Donan Wahyu Sejati menyampaikan bahwa dengan adanya TMMD ini diharapkan dapat menjadi kekuatan untuk memajukan desa. Khususnya desa yang termasuk kategori tertinggal .

Dandim menambahkan TMMD kali ini m penganggarannya diawali dengan sistem swakelola. Dengan anggaran Rp 370 juta sejumlah kegiatan fisik dilaksanakan seperti pembuatan rabat beton 275 meter makadam 75 meter, talut 5 titik dan gorong gorong 2 unit.

“Sebelumnya kita juga melaksanakan karya bhakti mandiri di desa Karangasem dalam rangka pembentukan Desa Wisata di desa Karang Asem, ” imbuhnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab atas dukungan baik moril maupun materiil dalam mendukung pelaksanaan Program TMMD.

Setelah kegiatan seremonial penutupan TMMD selesai. Bupati dan jajaran Forkopimda membagikan Al-Quran dan sembako kepada warga setempat dan kemudian dilanjutkan peninjauan lokasi hasil TMMD. (Mif/Rud/Kominfo)